Minggu, 12 April 2009

Six E-Business Strategy Definitions

For a company which you are familiar with, review the six strategy definition choices.
Perusahaan yang familiar dengan saya adalah BCA. Mari kita coba untuk me-review 6 strategy definition choices dalam e-business BCA (www.klikbca.com)

Definisi dari strategi mengacu pada tujuan dan visi perusahaan. Visi PT Bank Central Asia, Tbk. adalah "menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia"

Misi PT Bank Central Asia, Tbk. adalah :
  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan
    layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan
    optimal bagi nasabah
  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA

Berbasis pada definisi dari strategi itu sendiri, berikutnya akan dibahas mengenai key strategic decisions yang dihadapi manajemen dalam mengembangkan startegi e-business nya.

1. Decision 1 : E-Business channel priorities
Prioritas channel strategy e-business BCA (getting the right mix of bricks and clicks) ditetapkan berdasarkan persentase target market yang bisa diarahkan untuk beralih menggunakan e-channel, dan seberapa besar keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan.
Klik BCA memuat informasi yang dibutuhkan nasabah seperti informasi seputar produk perbankan BCA, suku bunga, profil perusahaan, dll. Selain bersifat informasional, klikbca juga menyediakan fasilitas transaksi bagi para nasabahnya, yakni pengecekan saldo dan mutasi rekening, transfer uang antar rekening maupun antarbank, pembelian berbagai layanan, pembayaran, dll.
Klikbca bisa memenuhi kebutuhan layanan transaksional nasabah BCA untuk kecepatan, kemudahan, dan efisiensi transaki tanpa harus pergi ke bank atau mengantri di ATM. Nasabah bisa serasa memiliki teller non tunai pribadi hanya dengan bermodalkan koneksi internet.
Untuk pengembangan kedepannya akan lebih baik lagi jika klikbca menyediakan layanan customer care online yang bisa menampung saran, pertanyaan dan keluhan secara online sehingga bisa terjalin komunikasi 2 arah antara bank dengan nasabahnya.

2. Decision 2 :Organizational restructuring and capabilities
Organizational restructuring and capabilities terdiri dari :
- In-house division (intergration)
- Joint Venture
- Strategic Partnership (mixed)
- Spin Off (separation)
Tidak menutup kemungkinan jika nantinya keempat Organizational restructuring and capabilities terjadi di BCA. Organizational restructuring and capabilities bisa menjadi cara yang efektif dan efisien dalam pengembangan e-business BCA.

3. Decision 3 :Business, service and revenue models
Business model e-business BCA dari sisi Marketplace Position adalah sebagai :
- Marketplace / exchange (intermediary)
Sebagai perantara dalam transaksi pertukaran / pengiriman uang antara nasabah yang satu dengan nasabah lain, baik itu dalam bank yang sama maupun antarbank.
- Media owner / publisher (intermediary)
Sebagai penyedia informasi mengenai kurs berbagai mata uang asing, informasi suku bunga funding dan lending.

Revenue Model e-business BCA adalah Commision-based Sales
Revenue didapat dari hasil transaksi pengiriman uang antar bank, transaksi pembayaran seperti asuransi, kartu kredit, saham, pendidikan, dll.

4. Decision 4 :Marketplace restructuring
Marketplace restructuring yang bisa dilakukan dari sisi sell side dan buy side :
- sell side : disintermediation (sell-direct), contohnya bisa menjual langsung kartu kredit dan kredit konsumer yang lainnya melalui pengisian aplikasi online
- buy side : disintermediation & buy melalui intermediary baru spt B2B bisa mulai dilakukan dalam sistem e-procurement yang saat ini masih ditangani divisi logistik.

5. Decision 5 :Market and product development strategies
- Market Penetration
Menggunakan internet untuk meningkatkan market share growth, meningkatkan loyalitas customer dengan memberikan layanan transaksional online yang sangat memberikan kekmudahan sehingga loyalitas customer bisa ditingkatkan.
- Market Development
menggunakan internet untuk menetapkan target market yang baru, contohnya segmen baru yang bisa digarap dengan diluncurkannya klikbca.
- Product Development
Digunakannya internet pada klikbca memberikan nilai tambah pada produk BCA sendiri, contohnya bagi produk tabungan (Tahapan BCA), klikbca memberikan nilai tambah berupa kemudahan layanan transaksional bagi para nasabah Tahapan BCA untuk melakukan transaksi non tunai di mana saja dan kapan saja tanpa terikat jam layanan teller ataupun terikat lokasi ATM.

6. Decision 6 :Positioning and differentiation strategies
Positioning klikbca adalah sebagai layanan perbankan online dengan product performance exccellence melalui ketersediaan kustomisasi produk online. Dari sisi price performance, klikbca adalah layanan transaksional online bagi para nasabah BCA dengan price / harga yang murah, misalkan harga / fee yang harus dibayarkan untuk setiap transaksi pemindahbukuan dana antar rekening adalah gratis, dan hanya Rp 5000 untuk pemindahbukuan antar bank. Layanan pembayaran online pun tarifnya bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar