Rabu, 01 April 2009

Alternatif business and revenue models yang dihasilkan oleh internet bagi BCA

For an organization you are familiar with, examine the alternative business and revenue models afforded by the Internet and assess the options for the type and location of e-commerce transitions.

PT. Bank Central Asia, Tbk merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang didirikan pada 21 Feb 1957.
BCA menjalankan bisnisnya sebagai lembaga intermediary untuk menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit.
Sebagai salah satu bank swasta terbesar , BCA berperan dalam roda perekonomian Indonesia dalam pembangunan sektor riil.

Alternative perspective on business model :

1. Marketplace Position :

  • Marketplace / exchange (intermediary)

Sebagai perantara dalam transaksi pertukaran / pengiriman uang antara nasabah yang satu dengan nasabah lain, baik itu dalam bank yang sama maupun antarbank.

  • Media owner / publisher (intermediary)

Sebagai penyedia informasi mengenai kurs berbagai mata uang asing, informasi suku bunga funding dan lending.

2. Revenue Model : Commision-based Sales

Revenue didapat dari hasil transaksi pengiriman uang antar bank, transaksi pembayaran seperti asuransi, kartu kredit, saham, pendidikan, dll.

3. Commercial Model : Fixed price sale

Fee yang dibebankan kepada setiap nasabah yang menggunakan jasa pembayaran kartu kredit, asuransi, saham, dll bersifat fixed price. Besarnya fee ditentukan berdasarkan kesepakatan antara BCA dengan provider yang dibebankan tetap kepada setiap nasabah yang menggunakan jasa layanan tsb.

Type and location of e-commerce transitions :

  • Buyer-Oriented

Nasabah bisa mengakses sendiri layanan transaksi via klikbca dengan menggunakan User ID dan PIN yang sudah diregistrasi sebelumnya.

1 komentar:

  1. Aileen, nggak usah ditulis "Tugas". Ini harus dibuat sebagai blog post, bukan jawaban tugas.

    BalasHapus